jeudi 16 avril 2020

Cintai Nasibmu (Sebuah Pengenalan Prinsip Filosofi Teras)





Hari ini pertama kalinya aku mendengarkan Podcast dari Greatmind di suatu platform. Greatmind adalah suatu Podcaster yang memberikan insight terkait inspirasi, advokasi, dan aspirasi dari para pembicara yang didatangkan. Podcast ini saya dengar dari platform Spotify.  
Di Podcast pertamanya, Greatmind membicarakan tentang buku Filosofi Teras yang dibawakan oleh  penulis buku tersebut yang bernama Henry Manampiring. Melalui siaran ini, aku pun baru menyadari bahwa Filosofi Teras adalah suatu landasan pemikiran yang didasarkan dari ajaran Stoisisme.

Stoisisme sendiri merupakan pandangan yang berlandaskan pada ajaran bahwa “Kebahagiaan itu berasal dari dalam diri. Kau hanya memiliki kontrol penuh atas dirimu, TIDAK pada hal lainnya.”
Hal - hal yang bisa kau kontrol, misalnya : pikiranmu, perkataanmu, dan tindakanmu. Hal lainnya merupakan sesuatu yang tidak dapat kau kontrol dan sebaiknya tidak kau dasarkan kebahagiaanmu pada hal tersebut.

Selain itu, untuk hal - hal yang tidak bisa kau kontrol, terimalah. Terima emosi yang kau miliki dan jalani sebaik yang kau bisa. Mencoba melawan perasaan yang ada atau mencoba mengubah keadaan yang ada dapat membuat keadaanmu semakin buruk.

Tentu saja kau berharap keadaan bisa menjadi lebih baik, dan hal tersebut tidak salah. Kau bisa memulainya dari dirimu. Cobalah temukan akar dari emosi atau perasaan yang ingin kau ubah dan cari solusi akan hal tersebut. Niscaya, kau akan menemukan jalan yang terang untuk mencapai tujuanmu.


Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire